MENJADI WANITA YANG ALLAH SWT CINTA

 ๐ŸคMenjadi Wanita Yang Allah SWT Cinta 

๐Ÿง•๐Ÿป Bunyai Atina Balqis Izzah Iskandar, Lc.,MA



Point materi : 

1. Kunci menjadi wanita yang Allah cinta : TAQWA 

2. Kalau Allah Azza Wajalla sudah cinta lalu apa ?


Kita ini sebagai hamba Allah SWT mungkin ada yang ngerasa kita ini setiap hari di suruh shalat dan kewajiban yang dilakukan di dunia ini. 


Sesungguhnya dalam perintah Allah SWT ada cinta kepada kita. Hubabah Ummu Salim berkata : Rahmatnya Allah salah satunya yang bisa kita rasakan yaitu ibadah. ibadah itu khusus untuk ummat Nabi Muhammad Saw banyak macamnya. 


Allah SWT itu salah satunya yang tidak pernah meninggalkan kita. kita akan tenang ketika sedang berada dengan Allah SWT. Coba kita ikut apa yang Rasulullah Saw katakan. ketika ada masalah maka ambilah air wudhu dan shalat Sunnah 2 rakaat maka akan ada ketenangan dan solusi dari masalah yang kita hadapi. 


Qur'an surah Al-Imran ayat 31 


ู‚ُู„ْ ุงِู†ْ ูƒُู†ْุชُู…ْ ุชُุญِุจُّูˆْู†َ ุงู„ู„ّٰู‡َ ูَุงุชَّุจِุนُูˆْู†ِูŠْ ูŠُุญْุจِุจْูƒُู…ُ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ูˆَูŠَุบْูِุฑْ ู„َูƒُู…ْ ุฐُู†ُูˆْุจَูƒُู…ْ ۗ ูˆَุงู„ู„ّٰู‡ُ ุบَูُูˆْุฑٌ ุฑَّุญِูŠْู…


Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.


Ada 5 kunci singkat dicintai Allah SWT : 


T : Taat menjalani perintah 

Imam al-Warraq berkata dalam sebuah syair 

ู„ูˆ ูƒุงู† ุญุจّูƒ ุตุฏุงู‚ุง ู„ุงุٔทุนุชู‡ # ุงู† ุงู„ู…ุญุจّ ู„ู…ู† ูŠุญุจّ ู…ุทูŠุน 

Jika engkau benar dalam mencintai Allah Azza Wajalla, maka engkau akan menurutinya. sesungguhnya pecinta akan menuruti apa yang ia cintai. 

Ketika kita ingin dicintai Allah maka ikuti apa yang Allah perintahkan batasan-batasan yang kita lakukan. kalian di berikan balasan yang jauh lebih besar ketika kamu sudah di cintai oleh Allah SWT. Kecintaan Allah kepada kamu jauh lebih besar daripada kecintaan kamu kepada Allah SWT. tujuan kita hidup di dunia yaitu beribadah kepada Allah SWT. 

"katakanlah Muhammad bahwa mukmin perempuan menundukkan pandangannya."

Apa yang diperintah allah bagi kaum perempuan: menutup aurat, menjaga pandangan(menjaga dari yang haram, menjaga pikiran dari yang kita tonton, makan makanan halal dan thoyyib. Kalo kita tidak bisa waro’ seperti ulama kita, maka ikuti yang sudah disertifikasi halal oleh MUI. 

Faedah makan halal: mudah melakukan ketaatan entah kita mau atau tidak, dan sebaliknya entah kita mau ataupun menolak, doanya terkabul, keturunan sholeh, hatinya bercahaya dan lain sebagainya. 


A : Allah dan Rasul nya menjadi tujuan 

Setelah melakukan perintah dan menjauhi larangan-nya, kita harus membenahi niat bahwa segala amal shalih yang kita lakukan tujuannya adalah Ridha Allah dan Rasul-Nya. sebab niat adalah penentu diterima tidaknya amal kita. 


Allah dan rasulnya menjadi tujuan, segala amal sholeh yang kita lakukan hanya untuk Allah. 

niat adalah penentu diterimanya amal. 

Allah SWT berfirman:


ู„َู† ูŠَู†َุงู„َ ูฑู„ู„َّู‡َ ู„ُุญُูˆู…ُู‡َุง ูˆَู„َุง ุฏِู…َุงุٓคُู‡َุง ูˆَู„َٰูƒِู† ูŠَู†َุงู„ُู‡ُ ูฑู„ุชَّู‚ْูˆَู‰ٰ ู…ِู†ูƒُู…ْ ۚ ูƒَุฐَٰู„ِูƒَ ุณَุฎَّุฑَู‡َุง ู„َูƒُู…ْ ู„ِุชُูƒَุจِّุฑُูˆุง۟ ูฑู„ู„َّู‡َ ุนَู„َู‰ٰ ู…َุง ู‡َุฏَู‰ٰูƒُู…ْ ۗ ูˆَุจَุดِّุฑِ ูฑู„ْู…ُุญْุณِู†ِูŠู†َ

Artinya: "Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik." (Al-Hajj: 37).


Sebagaimana yang di sabdakan oleh Nabi –shalallahu ‘alahi wa sallam– yang diriwayatkan dari jalan Umar bin Khattab :

ุนَู†ْ ุฃَู…ِูŠْุฑِ ุงْู„ُู…ْุคู…ِู†ِูŠْู†َ ุฃَุจِูŠْ ุญَูْุตٍ ุนُู…َุฑَ ุจู†ِ ุงْู„ุฎَุทَّุงุจِ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุณَู…ِุนْุชُ ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ِู‡ ูŠَู‚ُُูˆْู„ُ: ุฅِู†َّู…َุง ุงْู„ุฃَุนْู…َุงู„ُ ุจِุงู„ِّู†ูŠَุงุชِ ูˆَุฅِู†َّู…َุง ู„ِูƒُู„ِّ ุงู…ْุฑِุฆٍ ู…َุง ู†َูˆَู‰ ูَู…َู†ْ ูƒَุงู†َุชْ ู‡ِุฌْุฑَุชُู‡ُ ุฅِِู„ู‰َ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุฑَุณُูˆู„ِู‡ِ ูَู‡ِุฌْุฑَุชُู‡ُ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ِู‡ِ ูˆَู…َู†ْ ูƒَุงู†َุชْ ู‡ِุฌْุฑَุชُู‡ُ ู„ِุฏُู†ْูŠَุง ูŠُุตِูŠْุจُู‡َุง ุฃَูˆْ ุงู…ْุฑَุฃَุฉٍ ูŠَู†ْูƒِุญُู‡َุง ูَู‡ِุฌْุฑَุชُู‡ُ ุฅِู„َู‰ ู…َุง ู‡َุงุฌَุฑَ ุฅِู„َูŠْู‡ِ

Dari Amiril mukminin Abi Hafsoh Umar bin Khattab -radhiyallahu ‘anhu- dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “ Sesungguhnya segala amal pekerjaan itu [diterima atau tidaknya di sisi Allah] hanyalah tergantung kepada niatnya, dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang telah diniatkannya, maka barangsiapa yang berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya,maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa yang berhijrah untuk mendapatkan dunia atau seorang wanita yang akan dia nikahi, maka hijrahnya kepada apa yang dia niatkan. (HR. Muttafaq ‘alaih)

Umar bin Khattab pernah berkata, "Sebaik-baiknya amal melakukan apa yang Allah wajibkan, menjaga dari apa yang di haramkan." 


Q: Quran menjadi pedoman hidup yang utama

"Aku telah meninggalkan bagi kalian dua hal yang jika kalian berpegang kepadanya maka kalian tidak akan tersesat : Al-Qur'an dan Sunnah Nabi." (H.R Imam Malik dalam kitab Muwattha). 

Sayyidah Aisyah: kana khuluquhu al-quran. 

Siapa yang berpegang al quran maka ia tidak akan tersesat. tapi untuk mengamalkan tidak cukup dengan membaca terjemah, tapi ikutlah majelis tafsir agar kita tidak salah dalam memahami dan mengamalkan. 


W: wanita sholihah menjadi impian – fashholihatu qonitatun hafidzotun lil 

istri sholihah: taat pada ALlah dan suami selama tidak maksiat, dan menjaga dari hal yang tidak diketahui langsung oleh suami.

bisakah kamu menjaga kehormatan pasangan saat dia tidak ada dan tidak mengetahuimu? 

wanita yang paling baik adalah jika kau memandang bikin seneng, jika suami memerintahkan mentaati, 

jangan membandingkan hidupmu dengan orang lain hanya dengan melihat media sosial mereka.

resolusi tahun 2023: menjadi wanita sholihah untuk menggapai ridho Allah


A: Alhamdulillah dalam setiap keadaan

Para ulama dalam setiap keadaan pasti mengucapkan Alhamdulillahi bini’matihi tatimmus sholihat, alhamdulillahi ala kulli hal

ayo fokus pada nikmat yang kita punya. A’dzomun ni'mah adalah terlahir dengan iman dan islam dan menjadi umat nabi muhammad. 

Ridholah dengan apa yang telah Allah berikan, sembari mencari solusi dari masalah

sebenarnya kemudahan itu sudah ada bersama masalah yang dikirimkan. tapi karena kita terlalu fokus pada masalah, maka manusia tidak dapat melihat solusi yang telah allah kirimkan bersama masalah itu.

kita kalau sudah dapat cintanya Allah itu sudah lebih dari cukup untuk menjalani suka duka kehidupan seluruh dunia dan menjaga kita dari pedihnya siksa di akhirat. 

Kalau sudah dapat cintanya Allah malaikat akan diseru untuk juga mencintainya. Cinta dari malaikat ini berupa pujian dan permohonan ampunan untuk hamba tersebut. Sungguh beruntungnya. 

Kalau Allah sudah cinta sama seorang hamba maka dia akan menumbuhkan cinta di hati manusia lain untuk dirinya juga. Khususnya cinta orang-orang Sholih untuk hamba yang telah dicintai Allah SWT.


Innallaha idza ahabba abdan

Untungnya mendapat cinta malaikat adalah dia akan memuji dan memohonkan ampun atas dosa kita kepada allah. 

allah menumbuhkan cinta di dalam hati ulama ulama, guru gurunya, jika sudah meraih cinta Allah. 

tidak ada suatu keindahan dan kenikmatan yang diraih tanpa perjuangan. apalagi untuk meraih cinta Allah SWT. 


Dirimu jika tidak engkau gunakan untuk sibuk dalam kebaikan, maka ia akan menyibukkanmu untuk hal hal yang buruk atau tidak membawa faedah. 

sibukkan diri, maksimalkan potensi diri kita, tekuni agar bisa bermanfaat. 


Alfaqirah ๐Ÿฅ€


Comments

Popular posts from this blog

AGAR CANTIKMU SAMPAI KE SURGA

Pentingnya Menuntut Ilmu Bagi Muslimah Sebagai Madrasatul Ula

SPECIAL MILAD SAYYIDAH FATIMAH AZ-ZAHRA