Kisah di balik Isra Mi'raj


 


بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد 

📍 Majelis Ashabul Maymanah | Last Day

🌙 The Night Journey Rasulullah ﷺ 

🎙️ Ustadzah Aliyah Al-Musawa

📝 Kisah di balik Isra Mi'raj 

📆 Senin, 20 Februari 2023


Allah SWT memberikan hadiah untuk Nabi Muhammad ﷺ dengan memperjalankan beliau untuk menembus Sidratul Muntaha berjumpa dgn Allah SWT yg tidak ada seseorang pun yg diizinkan Allah untuk melakukan hal tersebut kecuali Nabi Muhammad ﷺ seseorang yg dicinta oleh Allah, seseorang amat sgt diagungkan dan dimuliakan oleh Allah, Allah izinkan beliau untuk bisa menembus Sidratul Muntaha berhadapan dgn Allah. Dan dengan apa yg beliau pakai saat beliau keluar dari rumahnya itulah yg beliau pakai saat berhadapan dgn Allah SWT.


Sebagaimana Allah memerintahkan Nabi Musa a.s untuk melepaskan sandalnya ketika Nabi Musa a.s berada di Baitul Maqdis Allah memerintahkan Nabi Musa a.s untuk melihat ke atas gunung ketika Nabi Musa a.s meminta untuk dapat melihat Allah SWT akan tetapi Nabi Musa a.s tidak dimampukan untuk bisa melihat Allah SWT.


Tapi kpd Nabi Muhammad ﷺ kekhususan ini Allah tampakkan, Allah berikan dan senantiasa Allah memuliakan beliau karna beliau orang yg sgt dicinta oleh Allah SWT.


Ketika Nabi Muhammad ﷺ bertemu dgn Allah, Allah memberi salam kepada Nabi Muhammad ﷺ 

السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاتة

dan Nabi tidak pernah melupakan ummatnya saat beliau berjumpa dgn Allah, betapa besar cinta Baginda Nabi untuk kita seseorang yg bahkan kita belum bertemu dgn beliau, seseorang yg kita tidak sezaman dgn beliau akan tetapi beliau tidak melupakan kita، beliau doakan kita bahkan beliau sertakan kita disaat perjalanan Isra Mi'raj ketika berhadapan dgn Allah beliau menjawab, 

السلام علينا وعلى عبادالله الصالحين

،

Adakah orang yg cinta kpd kita melebihi cinta Nabi Muhammad ﷺ ? Sunguh tidak ada seorang pun.


Bahkan besarnya cinta seorang ibu terhadap anaknya tidak ada tandingannya dgn cinta Nabi Muhammad ﷺ kpd ummatnya.


Ketika seorang ibu mampu mengorbankan nyawanya untuk anaknya yg ia sayangi maka Baginda Nabi mampu untuk mengorbankan segalanya untuk ummatnya yg beliau cintai. Ketika seorang ibu mampu menahan lapar, rasa kantuk, lelah hanya untuk berjuang demi anaknya maka ketahuilah Baginda Nabi Muhammad ﷺ mampu menahan segala cobaan, bahkan pedihnya sakaratul maut beliau meminta kpd Allah "Ya Allah limpahkan sakaratul maut ummatku kpd ku agar jangan sampai mereka merasakan sakitnya sakaratul maut yg demikian hebat" Adakah cinta yg lebih indah drpd ini? Sungguh tidak ada.


Maka ketika ada seseorang yg mencintai sesama makhluk kemudian dia sampai rela menggadaikan agamanya demi orang yg dia cinta, dia katakan itu adalah cinta yg sejati sungguh itu merupakan satu kebohongan yg jelas adanya, itu adalah hawa nafsu.


Tidak ada cinta yg membawa kita ke neraka. Cinta sesungguhnya adalah cinta yg membawa kita kedalam syurganya Allah, cinta yg membawa kita dekat kpd Allah dan Rasulnya.


Kalo seseorang sungguh-sungguh mencintai kita dia tidak akan membiarkan kita melakukan perbuatan yg harom, dia akan memperjuangkan kita dihadapan Allah bukan semata-mata memperjuangkan kita dihadapan manusia yg menjerumuskan kita kedlm nerakanya Allah.


Jangan ada lagi yg mengatasnamakan cinta hanya sekedar ingin menghalalkan satu kemaksiatan. 


Ketika kita bisa sibuk mencari kesalahan orang lain, bagaimana dgn kesalahan yg ada pada diri kita? Hisablah diri kita sebelum kita dihisab. 

Didalam perjalanan Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad ﷺ Allah memberikan perintah sholat untuk dijalankan dari yg tadinya 50 waktu kemudian Nabi meminta keringanan kpd Allah sampai menjadi 5 waktu. Bayangkan kalo sekiranya kita masih diperintahkan sholat 50 waktu bagaimana kita bisa menjalankan sholat tersebut sedangkan sholat 5 waktu saja masih sering kita tinggalkan, kita anggep satu hal yg tdk penting bahkan tdk sedikit dari kita yg lebih mendahulukan perintah manusia dibanding perintah sholat dari Allah SWT.

Kita merasa kalo saya terlambat masuk ke kantor karna saya sholat saya akan kehilangan rezeki saya. Kita lupa bahwa yg memberikan rezeki bukan bos tempat kita bekerja tapi yg memberikan rezeki itu adalah Allah SWT. Kita takut dihukum bos dikantor, apa kita ga takut dihukum sama Allah pemilik langit dan bumi?


Ketika pemerintahan memerintahkan kita untuk mewajibkan memakai masker kita bela-belain pake walaupun engap dan satu hal yg berat karna takut terhadap hukum pemerintah, kenapa kita tidak takut dgn hukum Allah? ketika Allah perintahkan kita untuk berhijab, menutup aurot, menutup wajah kita, kita tidak mau melakukan nya dgn berbagai macam alasan.


Kalo kita ingin melihat seberapa besar kedudukan kita dihadapan Allah maka lihat seberapa besar perintah Allah dihati kita. 


Kalau ada orang yg bisa memberikan satu janji setiap satu kali sholat dibayar 50ribu, saya yakin semua orang pasti akan berbondong-bondong wudhu sblm waktu sholat dan sholat tepat waktu demi selembar uang 50ribu. Kita lupa bahwa Allah memberikan kita lebih dari 50ribu. Kita ga sadar bahwa Allah memberikan kita balasan yg berlipat ganda untuk satu kali sholat, Allah menjanjikan syurga nya yg tdk ada bandingan untuk orang yg menjalankan sholat. Allah menjadikan sholat itu sebagai penghapus perbuatan keji dan munkar, sebagai penenang jiwa kita. 


Habib Umar bin Hafidz, mengatakan "ketika seseorang tidak bisa melaksanakan sholat dgn tenang maka sungguh sepanjang hidupnya dia tidak akan pernah tenang"


Bagaimana kita mau mendapat ketenangan dlm hidup kalau caranya dgn healing jalan jalan, dgn melakukan hal yg tidak diridhoi Allah.


Kita rela marathon nonton drakor semalaman untuk orang yg kita sukai padahal itu semua tidak ada harganya dihadapan Allah SWT. Tapi kenapa kita ga punya tenaga untuk tahajud? Untuk bangun malam? Untuk bangun sesaat sebelum adzan shubuh? Tapi kita bisa bela-belain begadang sepanjang malem untuk nonton drakor padahal besok paginya kita punya kesibukan, kenapa buat Allah wa Rasul ga bisa?


Kita bisa bela-belain ga jajan, nabung buat beli tiket konser tapi kenapa kita ga bisa bela-belain nabung buat sedekah, buat ongkos hadir Majlis Ilmu?


Cerita~

Ada seorang laki-laki yg sholeh kemudian dia meninggal dunia. Temannya bermimpi terhadap dirinya, dia melihat temannya ini dalam keadaan disiksa didalam kubur, berhari-hari dia bermimpi seperti itu. Kemudian dia memberanikan diri saat mimpi yg berikutnya untuk bertanya "apa yg menyebabkan engkau bisa seperti ini? Bukankah engkau adalah orang yg sholeh?" maka temannya menjawab, "saya disiksa Allah seperti ini karna saya masih lebih banyak mendengarkan musik-musik yg melalaikan saya dari Allah dan Rasul, membuat saya lupa waktu terhadap waktu saya untuk Allah wa Rasul" kemudian dia (yg bermimpi) segera bangun dan bertaubat kpd Allah karna dia pun takut dirinya mendapatkan azab yg sama karna dia juga masih mendengarkan musik yg membuat dia lalai kpd Allah wa Rasul. Maka kita belajar sejauh mana kita mau taat kpd Allah.


Zaman boleh berbeda tapi hukum Allah tidak pernah berubah.


Menjalankan sholat adalah suatu anugerah dari Allah SWT. Dikatakan, sholat itu adalah Mi'raj nya seorang mukmin. Kita tidak bisa mendapatkan Isra dan Mi'raj seperti Nabi Muhammad ﷺ maka Allah berikan kita kesempatan untuk sholat yakni seperti Mi'raj nya orang mukmin. Saatnya kita berhadapan dengan Allah. Ketahuilah, ketika kita berdiri untuk sholat ketika itupun Allah berdiri menghadap kpd kita. 


Kalo kita mau berhadapan dgn presiden rasanya persiapannya akan begitu luar biasa, semangat nya luar biasa padahal presiden sama juga manusia. Tapi kenapa saat mau ketemu Allah 5x sehari tidak ada rasa semangat didlm diri kita. Kita dipanggil Allah saat adzan tapi kita ga jawab. 

Didalam kitab An-Nasa'ih Diniyah dikatakan, "ketahuilah barangsiapa dia sholat dalam keadaan tidak khusyu maka seakan-akan seperti dia memberikan hadiah kpd seorang raja dlm keadaan bungkus kado yg compang camping"

Sholat ada dua :

-Sholat dgn jasad

-Sholat dgn ruh

Jangan sampai kita sholat hanya dgn jasad saja.

Bagaimana keadaan kita dihadapan Allah wa Rasul kalo kita masih selalu menyepelekan sholat.


Sholat itu adalah cahaya, untuk kita didunia dan akhirat.


Dikatakan didlm hadits, "siapa orang yg sholat 5 waktu maka dia akan mempunyai cahaya dan sholatnya itu akan menjadi penyelamat untuknya dihari kiamat. Sebaliknya, orang yg tidak pernah sholat dia tidak akan mempunyai cahaya dan dia akan disiksa serta dikumpulkan nanti bersama dgn Fir'aun, Haman dan Qorun"


Dikatakan didlm kitab Tanbihul Ghofilin karangan Habib Utsman bin Aqil bin Yahya, Nabi Muhammad ﷺ pernah bersabda, "orang yg suka meninggalkan sholat atau orang yg suka menyepelekan sholat ketika didunia maka dia akan disiksa dgn 15 siksaan"


6 siksaan ketika didunia

3 siksaan ketika dia meninggal 

3 siksaan ketika di dalam kubur

3 siksaan ketika bertemu dengan Allah


6 siksaan di dunia

- Diambil keberkahan umurnya

- Diambil keberkahan rizkinya

- Diambil cahaya yg sholeh pada wajahnya

Seseorang itu nanti akan dikenali oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ di yaumil qiyamah dari bekas kita sujud. Bukan bekas yg terlihat hitam dikening kita akan tetapi bekas sujud yg bercahaya dari Allah.

- Tidak terpelihara baginya agama islam

- Setiap amalannya tidak di beri pahala

Sholat itu adalah satu kunci dalam semua amalan didunia.

Dikatakan Nabi Muhammad ﷺ, "hal pertama yg akan dihisab adalah sholat nya."

Kalau sholat nya sempurna maka seluruh amal ibadah nya diterima, tetapi kalau sholat nya tidak sempurna maka amal ibadah nya yg lain pun tdk akan diterima.

- Tidak diangkat doanya oleh Malaikat ke langit

Kita hanya bisa menuntut Allah pengen ini itu, tapi perintah Allah kita abaikan. Makanya jangan sangka buruk sama Allah, padahal itu semua karna kita yg menyepelekan sholat.

3 siksaan ketika meninggal :

- Meninggal dalam keadaan hina

- Meninggal dlm keadaan sangat lapar

Bukan karna tidak punya uang/makanan tapi karena azab dari Allah

- Meninggal dlm keadaan kehausan

Dikatakan Nabi Muhammad ﷺ, "andai seluruh air yang ada di lautan di tuangkan ke dalam mulutnya, sungguh tidak akan menghilangkan dari kehausan"


3 siksaan ketika di dalam kubur :

- Dipendam di dalam tanah oleh Malaikat, dan dia akan disiksa sampai hari kiamat serta di temani oleh ular yg bernama Syuja'ul Aqra, yg matanya terbuat dari api neraka.

- Disiksa oleh malaikat yg kukunya terbuat dari besi berani yg panjangnya sepanjang perjalanan sehari semalam

Malaikat akan mengatakan kpd orang tersebut dgn suara yg menggelegar bgaikan kilat yg menyambar, "aku diperintahkan Allah untuk menyiksa engkau sebab engkau meninggalkan sholat"

- Malaikat akan memukul mayit tsb dan setiap satu pukulan mayit tsb akan terpendam kedalam bumi sebanyak 70 hasta dan setiap satu pukulan dia akan dicongkel oleh kukunya ketempat semula dan dipukul kembali, begitu seterusnya sampai datang hari kiamat.


3 siksaan ketika bertemu dgn Allah :

- Allah akan memandangnya dgn pandangan murka

- tangannya terikat diatas tengkuk dan dipukul oleh Malaikat azab dgn sebuah palu yg mana ketika dipukulkan dia akan langsung menggelinding masuk ke dalam neraka.

- Lehernya akan diikat oleh rantai yg terbuat dari api neraka, dab dimasukkan kedalam mulutnya lalu keluar melalui duburnya dan rantai itu akan dipukulkan ke wajah dan punggungnya.

Dikatakan oleh Ibnu Abbas, "Kalau rantai yg digunakan untuk menyiksa orang yg meninggalkan sholat di jatuhkan ke atas bumi, maka satu bumi ini akan hangus"

Ketika kita ingin memperbaiki kita maka awalilah dgn memperbaiki sholat kita.

Bukan semata-mata kita mengenang bagaimana indahnya perjalanan Isra Mi'raj nya Nabi Muhammad ﷺ tapi mengenang bagaimana perintah sholat yg dibawa Nabi bermakna dialam diri kita, sejauh mana berharganya perintah sholat didlm kehidupan kita?

Yg memberikan kita hidup dan segala sesuatu yg kita punya didlm diri kita bukan siapapun melainkan adalah Allah SWT.

Dikatakan Al Habib Abdullah Al-Haddad, "Sholat itu adalah kepala didalam rangkaian tubuh" 

Apalah artinya tubuh tanpa kepala, apalah artinya hidup kita apabila kita tidak melaksanakan sholat, sungguh itu tidak ada artinya dihadapan Allah SWT.

Jihad fisabilillah itu ada syaratnya, dia tetap harus mentaati perintah Allah. Tidak bisa dikatakan seseorang melakukan jihad fisabilillah ketika dia melaksanakan satu hal yg dikatakan berjuang dijalan Allah tapi dia melanggar yg paling wajib. 


Tdk ada kutek yg halal untuk dipakai sholat. Mungkin didlm ingredients nya halal akan tetapi tetap tdk bisa dipakai sholat. Kecuali dgn hena karna dia menyerap kedlm kuku tidak bisa dikelupas, boleh dipakai sholat.


Cara agar lebih khusyu' didalam sholat :

-Perbaiki wudhunya, bersihkan hal hal yg menghalangi air wudhu

-Perbaiki istinjanya

-Membersihkan pakaian yg akan kita pakai sholat terutama pakaian dalamnya

-Selesai wudhu baca doa stlh wudhu

-Sebelum sholat baca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas untuk meminta perlindungan kpd Allah drpd gangguan syaithon

-Bayangkan itu sholat terakhir kita didunia


Untuk hutang sholat kita dimasa lampau alangkah baiknya kita melaksanakan sholat qodho terlebih dahulu drpd melaksanakan sholat sunnah. Sholat qodho boleh dilakukan kapan saja tidak harus diwaktu sholatnya. 


Wallahu alam

✍🏻 Admin Majelis Ashabul Maymanah

Comments

Popular posts from this blog

AGAR CANTIKMU SAMPAI KE SURGA

Pentingnya Menuntut Ilmu Bagi Muslimah Sebagai Madrasatul Ula

SPECIAL MILAD SAYYIDAH FATIMAH AZ-ZAHRA