Gus Muhammad Dzannuroin Aldivano

 Gus Muhammad Dzannuroin Aldivano 

tema : "Hikmah Isra Miraj Tingatkan Hubungan Hablumminallah

Melalui Sholat 5 Waktu dan Hablumminannas."



Kejadian Isra Wal Miroj adalah peristiwa sakral. Semasa kita masih kecil kita hanya tahu bahwa peristiwa ini adalah saat Nabi Muhammad mendapatkan perintah untuk shalat. Isra yakni perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Harom ke Masjidil Aqsa. Kemudian Miroj yakni perjalanan dari bumi naik ke Sidratul Muntaha. Para Ulama menyebutkan peristiwa Isro Miroj adalah peristiwa Maha Dahsyat sebab pertemuan antara Alloh dan Rosululloh, peristiwa ini diabadikan dalam bacaan attahiyat dalam sholat. Kejadian Isra Miroj pada malam hari. Rosul menceritakan peristiwa ini pada Sayyidina Abu Bakar dan beliau selalu percaya pada apa yang disampaikan oleh Rosululloh yang memiliki kuniyah atau laqob atau julukan As-Shiddiq sebab beliau orang yang selalu membenarkan apa-apa yang dikatakan Rosul dengan penuh keyakinan tanpa keraguan sedikitpun.


Perintah sholat harusnya menjadi ibadah yang paling cocok bagi orang Islam, bagaimana cara hamba mempredikatkan diri sebagai hamba. Rosul adalah abdun, hamba dari Tuhannya. Dalam Q.s. Az-Zariyat ayat 56: wama kholaqtul jinna wal insa illa liyabuduun. Perintah ini turun untuk mendapati bahwa Alloh SWT adalah penguasa alam dan bumi. Kita sebagai hamba haruslah memiliki koneksi visual yang konkret guna menyelaraskan kita sebagai hamba dari Tuhan. Tuhannya adalah Alloh SWT, dzaat penguasa langit dan bumi. Ibadah sholat, hendaknya kita enjoy dan tenang dan tidak ada tekanan maupun perlawanan seperti memikirkan hal lain dalam sholat.

Sesungguhnya ibadah sholat adalah perintah khusus untuk kita sebagai hamba Alloh SWT. Saat kita sholat itu wujud sebagai kita tunduk dan tertib pada perintah Alloh SWT. Saat takbirotul ihram haruslah tenang dan tidak terpikirkan banyak hal selain sholat. Kita sholat berarti kita tunduk dan patuh bukan lahiriah gerakan rukuk atau sujudnya melainkan doa/permintaan kita. Dalam qosidah Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf kurang lebih artinya Sesungguhnya amalmu bukan sebatas sholat, rukuk, dan sujud.

Jangan sampai meninggalkan satu rokaat pun. Hablumminalloh kita adalah ibadah dalam bentuk sholat. Kita sudah ibadah, mendekatkan hubungan baik kita dengan Alloh. Representasi poitif hablum minalloh adalah hablum minannaas. Kita tidak boleh ada penolakan dalam menjalankannya sebab sholat termasuk ibadah maghdah. Ketika kita rutin menjalankannya maka kita akan mengenal karakteristik Dzat Alloh. Representai positif dari bagaimana hubungan baik kita pada masyarakat sebab kita sudah memperbaiki hubungan dengan pencipta. Representai hablumminalloh yang positif adalah hablumminannaas. Kalau hubungan kita dengan Alloh baik maka hubungan sosial pun pasti baik.

Kalau tidak jaminan baik? Maka perlu untuk muhasabah diri. Rosululloh pernah ditanya tentang orang yang ahli ibadah namun sering berbicar kasar dan tidak baik? Maka Rosul menjawab Orang yang biasa dalam ibadah namun berbuat baik pada sesama lebih Alloh sukai.. Saat sholat konektivitas paling tinggi yakni koneksi hati yang langsung dijaga oleh Alloh SWT (batiniyah). Hal ini dapat terlihat dengan penjagaan dari penyakit-penyakit hati seperti iri, dengki, sombong.

Fadhilah utama sholat selain hati yang dijaga yakni dihindarkan dari niat-niat kurang baik. analoginya ibarat parasut, kita harus dibuka dulu hati dan pikirannya untuk dapat maksimal beribadahnya. Prestasi tertinggi manuia di dunia adalah sujud. Berapa lama? Berapa sering? Berapa banyak? Kemudian bagaimana cara menjaga konsistensi iman? Tentunya harus ada alarm dalam hati. Rosululloh pemberi syafaat. Hidup ini hanya untuk ibadah pada Alloh.

Kisah pengalaman ibadah umroh Gus Ivan: persiapan 1-2 jam untuk melaksanakan sholat. Selain itu kegiatannya adalah ziaroh dan mengunjungi situs bersejarah. Kesimpulannya bahwa manusia yang membutuhkan Alloh yang termaktub dalam hadits Arbain Nawawi ayat 24. Saat kita melakukan hal buruk itu tidak mengurangi keagungan Alloh dan begitu pula sebaliknya. Hal ini menjadikan simpulan bahwa kita yang butuh Alloh. Kualita kencintaan akan naik apabila saat ibadah kita naik.


Tanya Jawab

1. : Bagaimana cara berdakwah pada orang-orang terdekat namun tidak menyakiti/menyinggung perasaan orang lain di zaman sekarang?

Jawab : Ibadah yang tidak dapat ditawar adalah sholat. Tidak ada alasan, walaupun dia sakit sekalipun. Saya memulai dari teman-teman saya ajak untuk sholat, sampai lama-lama dia sungkan untuk menolak ajakan. Kita harus memberi contoh/keteladanan, sebab hal inilah yang lebih berpengaruh daripada nasihat lisan.


2. : Bagaimana cara mengatasi insekyur fisik?

Jawab : Gantilah cara pandang menggunakan keunggulan ibadah kita. Untuk apa insekyur dengan fisik orang lain. Ingatlah selalu, yang ada pada kita adalah terbaik dari Alloh SWT.


3.: Kita yang membutuhkan Alloh, tapi Mengapa Alloh memberi kita musibah?

Jawab : Hamba yang membutuhkan Alloh bukan Alloh yang membutuhkan hamba. Mengapa kita diuji? Sebab kita manusia tentu tidak lepas dari ujian. Dari ujian ini menunjukkan kekuasaan Alloh SWT. Ujian menunjukkan bahwa Alloh Maha Kuasa, Maha Segala. Ujian yang akan mentarbiyah kita atau mendidik kita.

Comments

Popular posts from this blog

AGAR CANTIKMU SAMPAI KE SURGA

Pentingnya Menuntut Ilmu Bagi Muslimah Sebagai Madrasatul Ula

SPECIAL MILAD SAYYIDAH FATIMAH AZ-ZAHRA