Ning Erfie Zakiyah Iskandar

 📝 Menjemput Ridho Allah SWT sebagai seorang Hamba yang Beriman dan Berakhlak ala Nabi Muhammad SAW di Era Milenial

🎤 Ning Erfie Zakiyah Iskandar

📍Ilmu Kajian Blogger

Orang mencari ilmu Fadilah dan keutamaannya luar biasa, Allah akan mengangkat derajat penuntut ilmu, penuntut ilmi dimudahkan menuju surga, penuntut ilmu senantiasa di do'akan oleh malaikat.

Makna Ridho berkaitan dgn tujuan berbagai ibadah, misalnya seseorang sholat , membantu org lain, bershodaqoh, berkumpul d majelis ilmu untuk menggapai Ridho Allah.

Ridho (Rela) , mencari ridho Allah berarti kita mencari tau apa yg membuat Allah rela, senang, suka kpd kita, org yg mencari Ridho Allah segalanya dilakukan untuk Allah.

Ketika kita menjemput Ridho apa yg disukai Allah dan apa yg di Ridhoi Allah, Allah mencintai org yg berbuat kebaikan, berbuat Sholeh, org bertaubat, org yg mensucikan diri, org yg bersabar.

Bagaimana ketika kita ingin mendapatkan keridhoan Allah kita harus melakukan kebaikan.

Kata Nabi "lakukanlah kebaikan walaupun sekecil biji dzaroh"

Allah gapernah menyuruh hamba-nya beramal Sholeh sebesar gunung, sebanyak buih lautan, "Barangsiapa yg berbuat kebaikan walaupun sebesar biji dzaroh maka akan diberikan balasan", Ridho Allah itu bukan karena banyaknya kebaikan yang kita lakukan tapi karena keikhlasan yg kita lakukan ketika berbuat kebaikan.

Amalan yg menghantarkan ke surga : Bukan karena prestasi yg telah aku capai , tapi ketika aku memberikan kasih sayang kepada seekor lalat (Imam Al-Ghazali)

Bukan seberapa besar yg kita lakukan tapi seberapa tulus yg kita lakukan untuk mendatangkan keridhoan Allah. Jadi jangan pernah meremehkan kebaikan sekecil apapun , barangkali dgn itu menghantarkan kebaikan kpd Allah.

Tidak perlu sibuk mencari keridhoan org lain, tapi kita harus mencari Ridho Allah. Ridho Allah harus dijadikan utama dalam hidup, ketika Allah sudah ridho kpd kita maka apapun yg kita minta akan Allah berikan.


Dalam Kitab Arbain dikatakan :

1. Seseorang yg beriman kpd Allah dan hari akhir hendak berkata baik atau diam

Kalo kita gabisa ngomong, nulis, ngetik yg ga baik lebih baik diam, karena ketika kita bicara yg tdk baik itu bisa menjadi tdk baiknya kita karena indikator keimanan seseorang terlihat dari perkataan yg baik.


2. Memuliakan Tetangga

Kita harus memuliakan tetangga yg dekat dan jauh.

Rasulullah berkata "Tetangga itu 40 rumah kedepan, kekiri, ke kanan, ke belakang" , dan di era medsos ini tetangga itu bisa jadi org yg mengikuti kita d sosmed makanya ketika kita bermedsos hendak menyampaikan yg baik.


3. Memuliakan Tamu

Selain melakukan kebaikan kita juga melakukan Sunnah.

Kedatangan tamu ke rumah kita membawa berkah dan kembalinya tamu dari rumah kita menghapus dosa pemilik rumah.

Balasan memuliakan tamu tdk hanya d akhirat tapi di dunia sudah ada balasan dari Allah.

Amalan yg disebutkan dari hal tersebut adlh hubungan dari kemanusiaan (Hablum Minannas) , memiliki hubungan sosial yg baik itu menjadi indikator keimanan seseorang kepada Allah dan hari akhir.

Tidak bisa dikatakan seseorang itu beriman ketika ia berkata kotor, tdk baik, menyakiti tetangga, dan tdk memuliakan baik.

Pada bulan Rajab , Sya'ban, Ramadhan, Rasulullah punya do'a Khusus yaitu :

 أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

 "Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikanlah kami hingga bulan Ramadhan"


• - Pada bulan Rajab apa keburukan yg dilakukan oleh manusia tdk akan dicatat,

- Bulan Rajab adlh Bulan Maghfirah : Allah mengampuni dosa hambaNya

Maka pada Bulan Rajab kita dianjurkan memperbanyak beristighfar.


• - Pada Bulan Sya'ban dianjurkan memperbanyak bacaan Sholawat,

- Di Bulan Sya'ban turun ayat tentang anjuran bersholawat


Rasulullah bersabda "Rajab adlh bulan Allah, Sya'ban bulanku, Ramadhan adlh bulanku"

- Rasulullah selain banyak berpuasa di bulan Ramadhan, Rasulullah juga banyak berpuasa di bulan Sya'ban


- Keutamaan Bulan Sya'ban ada pada Malam Nisfu Sya'ban, dimalam itu Allah akan mempermudah urusan HambaNya jika banyak berd'oa dimalam itu. Jadi malam itu adlh malam yg dimana Do'a tdk akan tertolak.

Ada 5 malam doa yg tdk tertolak : Malam Rajab, Malam Nisfu Sya'ban, Malam Lailatul Qadar , Malam Idul Fitri dan Idul Adha

• Pada bulan Ramadhan banyak sekali keistimewaan nya hingga dijuluki Bulan yg penuh dengan keberkahan. Dimana segala amal kebaikan pahalanya digandakan, dan pada Ramadhan ada malam yg dicari" yaitu Malam yg terbaik dari seribu bulan (Lailatul Qadar), dan pada Ramadhan Alqur'an diturunkan.

Jadi jalan untuk mencari ridho Allah itu sangat banyak, Allah memberi ruang tanpa batas, tergantung kita mau mencari tdk keridhoan itu.

Jalan menuju keridhoan itu tdk harus melakukan kebaikan sebanyak mungkin tapi kita bisa melakukan kebaikan sekecil apapun dgn hati kita tulus.



*QnA*

1. Malam Nisfu Sya'ban adlh malam yg sudah pasti yaitu pada malam pertengahan Sya'ban (tgl 15) , beda dgn Malam Lailatul Qadar tdk jelas kapan terjadi, yg penting terjadi pada bulan Ramadhan, tgl nya disembunyikan oleh Allah karena hanya orang-orang tertentu yg bisa merasakan Malam Lailatul Qadar.


2. Allah itu berada di tempat yg tdk bisa dicapai oleh manusia, tapi sebenarnya Allah itu ga berada jauh dari kita, Allah ada dihati orang-orang beriman, ketika dihati org beriman merasakan bahwa Allah ada dihatinya maka org itu akan merasa selalu diawasi Allah.


3. Amalan Bulan Sya'ban :

- Pada tgl 1-15 (membaca Surah Ad-Dukhan ayat 1-8 15x , padamalam Nisfu Sya'ban dibaca 30x) , menyebut Asma Allah, bersholawat, berdo'a.

- Malam Nisfu Sya'ban baca Yasin 3x ( bacaan pertama dgn niat umur panjang dan berkah, bacaan kedua dgn niat untuk menolak bala, bacaan ketiga dgn niat meminta keberkahan rezeki)

- Membaca Do'a Nisfu Sya'ban


4. Cara mengetahui Allah Ridho : Tanda Allah Ridho kpd kita adlh dengan dipermudahnya kita melakukan kebaikan. 

5. Jika kita ingin menjadikan Rasulullah panutan maka kita harus tau Rasulullah dulu, misalnya membaca Sirah Nabawi dgn membaca Sirah Nabawi kita akan tau dan Cinta kpd Rasulullah kemudian kita melakukan hal" yg Rasulullah lakukan di kehidupan kita misalnya melakukan Sunnah Nabi, dgn begitu maka akan mudah menjadikan Rasulullah sebagai panutan kita.


Wallahu'alam Bishowab

Comments

Popular posts from this blog

AGAR CANTIKMU SAMPAI KE SURGA

Pentingnya Menuntut Ilmu Bagi Muslimah Sebagai Madrasatul Ula

SPECIAL MILAD SAYYIDAH FATIMAH AZ-ZAHRA