NING AFIE ISKANDAR

 Tafsir Al-Baqarah ayat 185

Ning Afie Iskandar




Dimana dalam ayat ini membahas soal 'Ramadhan', yang mana kata ini terdiri dari beberapa huruf Hijaiyah, diantaranya yaitu : 

1. Yang pertama ialah huruf 'ra' yang berarti Rahmat yang berarti kasih sayang, dimana Allah turunkan cinta dan kasih sayang yang berlimpah pada bulan Ramadhan 

2. Yang kedua ialah huruf 'ma' yang berarti maghfiroh dimana Allah berikan ampunan bagi hamba-hambaNya

3. Lalu ada pula 'dha' yang berarti berlipat-lipat , dimana segala kebaikan yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan Allah lipat gandakan pahalanya

4. Lalu selanjutnya ialah huruf 'alif' kelembutan hati, berniat berdoa agar hati kita lembut dan mudah berempati dengan orang lain serta tidak gampang emosi

5. Dan terakhir adalah huruf 'nun' yang dimaksudkan untuk menjauhkan diri dari api nerakanya Allah.


Yang memang sejatinya Allah telah turunkan Al-Qur'an, sebagai pembeda antara hak dan batil yang diturunkan pada bulan Ramadhan. Bahkan bukan hanya Al-Qur'an saja, namun juga kitab lainnya turun dibulan tersebut. 


Maka barangsiapa yang menyaksikan bulan suci Ramadhan, hendaknya berpuasa, wajib bagi kita melakukannya, sebab bagi mereka yang berpuasa dengan mengharapkan ampunan dan ridho Allah niscaya akan menghapus dosa-dosa terdahulu, hal ini sesuai dengan hadits.  


Sungguh pada bulan ini bagi mereka yang menjalankan puasa maka mereka mendapatkan pahala sementara apabila ada yang sengaja meninggalkan puasa maka ia mendapatkan dosa kecuali bagi mereka yang sedang sakit (dimana sakit ini apabila tetap berpuasa akan membahayakan) dan dalam perjalanan jauh, hanya diwajibkan untuk mengganti puasanya, inilah bentuk pemakluman Allah Subhanahu Wa Ta'ala.


Jadi sesungguhnya Allah itu maha pengasih dan maha penyayang, meskipun Allah memiliki ketentuan dan aturan tersendiri dalam iman, namun Allah pula memberikan kasihnya disana, jika keadaan tak memungkinkan maka Allah berikan keringanan sebagaimana diatas tadi. Maka jika seandainya tiba saatnya kita dalam keadaan tersebut, ambilah kasih sayang Allah dan sempurnakan bilangannya, yakni segera ganti puasanya jangan sampai terlewat hingga puasa Ramadhan berikutnya.


Hendaknya kita agungkan kuasa dan kasih sayang Allah Subhanahu Wa Ta'ala, kerjakan apa yang Allah perintahkan dengan salah satunya menjalankan puasa pada bulan tersebut, juga melakukan berbagai macam kebaikan pun meninggalkan hal yang haram yang dilarang oleh Allah. Maka sejatinya kita termasuk bagian dari orang-orang yang bersyukur dan pribadi yang beruntung.

Comments

Popular posts from this blog

AGAR CANTIKMU SAMPAI KE SURGA

Pentingnya Menuntut Ilmu Bagi Muslimah Sebagai Madrasatul Ula

SPECIAL MILAD SAYYIDAH FATIMAH AZ-ZAHRA